(Sinopsis) A Girl Walks Home Alone At Night

Poster.jpg

  • Film: A Girl Walks Home Alone At Night
  • Tahun: 2014
  • Sutradara: Ana Lily Amirpour
  • Durasi: 1 jam 39 menit

Film horor romantis bukanlah tema baru dalam semesta perfilman dunia. Sebelumnya sudah beredar film-film seperti Let The Right One In (2008) dan Only Lovers Left Alive (2013). Menariknya film-film ini menawarkan rasa takut yang menyangkak bulu sekaligus perasaan berbunga-bunga dalam satu waktu. Setiap sutradara punya caranya masing-masing untuk memadukan unsur seram dan romantis. Film panjang pertama garapan sutradara keturunan Iran, Ana Lily Amirpour juga mengangkat tema ini.

Di sebuah kota nun jauh di sana, tinggal seorang pria bernama Arash yang tinggal bersama ayahnya Hossein, seorang pecandu narkoba. Suatu ketika mobil antik Arash terpaksa disita oleh Saeed, penjual narkoba langganan sang ayah. Arash kesal kemudian berusaha mencari jalan keluar agar mobilnya kembali. Sambil bekerja di sebuah rumah, ia mencari kesempatan untuk mencuri perhiasan milik Shaydah, seorang perempuan kaya nan cantik. Setelah berhasil mencurinya, ia bergegas pergi ke rumah Saeed.

Di sisi lain, seorang perempuan misterius berpakaian kaos belang hitam-putih dan cadar hitam yang menutupi seluruh badannya. Ia tidak sengaja berpapasan dengan Saeed di sebuah jalan sepi. Perempuan misterius itu kemudian diundang Saeed ke rumahnya. Lalu Saeed menggoda perempuan bercadar hitam itu dengan menjulurkan jari telunjuknya. Tiba-tiba perempuan itu malah mengigit jari Saeed sampai putus dengan gigi taringnya. Keluar dari rumah, vampir perempuan tersebut bertatap muka dengan Arash.

Pertemuan Arash dan vampir perempuan tersebut menjadi awal hubungan asmara mereka yang diceritakan dengan manis nan arkais dalam film yang berjudul A Girl Walks Home Alone At Night. Sebuah film horor romantis karya Ana Lily Amirpour yang duduk dibangku sutradara sekaligus penulis skenario. A Girl Walks Home Alone At Night merupakan film Amerika dengan latar belakang budaya Iran. Bahasa yang digunakan sepanjang film ini pun adalah bahasa parsi. Film ini terpilih untuk ditayangkan di program Next pada perayaan Sundance Film Festival 2014.

Fakta Menarik

  1. Kata “Vampir” tidak pernah disebutkan sepanjang film.
  2. The Girl and Bad City merupakan karya novel grafis hasil kolaborasi Ana Lily Amirpour dengan Radco.
  3. Ana Lily Amirpour sempat tampil menggantikan Sheila Vand (vampir perempuan) saat adegan panjang menyusuri jalan dengan papan skateboard.

Tulisan ini merupakan bagian dari sinopsis film yang tertulis di Senopati (Sebulan Nonton Pilihan Hati).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s