8 Film Tentang Musisi Terkenal

Perjalanan hidup seseorang selalu memberikan pengalaman menarik untuk diceritakan kepada keluarga, sahabat atau siapa pun. Apalagi perjalanan hidup seorang musisi terkenal, cerita mereka selalu ditunggu para pendengar setianya dan pecinta musik. Perjalanan karir mereka saat jatuh bangun sebagai musisi, ketika membuat lirik lagu, ataupun kehidupan pribadi mereka yang selalu menawarkan berbagai hal menarik untuk disimak. Kedelapan film ini merupakan sebuah karya audio visual yang dibuat berdasarkan dari kisah-kisah musisi seperti The Beatles, Bob Dylan, Kurt Cobain dan lain-lain.

1. Across The Universe (2007)

Across The Universe merupakan film fiksi yang dibuat berdasarkan lagu-lagu The Beatles. Tokoh-tokoh utama dalam film ini juga dibuat berdasarkan nama yang ada pada lagu The Beatles seperti Jude dari lagu Hey Jude dan Lucy dari lagu Lucy in The Sky with Diamonds. Film ini merupakan kategori film drama musikal dengan ‘bumbu-bumbu’ musik dari The Beatles, band asal Liverpool. Untuk para penggemar musik yang sedang dilanda rindu kehadiran John Lennon, Paul McCartney, Georger Harrison, dan Ringo Starr, film ini bisa sedikit mengobati kerinduan kalian.

2. Control (2007)

Ian Curtis merupakan pentolan band asal Inggris, Joy Division yang terkenal lewat lagu yang berjudul Love Will Tear Us Apart. Control adalah sebuah film yang menceritakan kisah hidup Ian Curtis yang meninggal ketika masih berusia muda, 23 tahun. Film ini merupakan gambaran nyata Ian Curtis saat ia menulis lirik, membuat band, menyanyi di atas panggung, hingga akhir hayatnya. Sam Riley yang dipercaya memerankan Ian Curtis berhasil membawa penonton ke dalam sebuah ruang sempit kehidupan seorang musisi ‘sakit’.

3. I’m Not There (2007)

Bob Dylan merupakan musisi asal Amerika yang memainkan musik beraliran folk. Dalam perjalanan panjang hidupnya Dylan dikenal karena lirik-liriknya yang menawan. Kisah hidup menarik Bob Dylan menginspirasi film I’m Not There. Film ini menuturkan keluh-kesah hidup Bob Dylan melalui 6 tokoh, yaitu Jack Rollins, Woody Guthrie, Jude Quinn, Robbie Clark, Billy The Kid, dan Arthur Rimbaud. Keenam tokoh ini membuat film I’m Not There semakin menarik untuk ditonton.

4. Last Days (2005)

Siapa yang tidak tahu Kurt Cobain, ia adalah orang dibalik suksesnya band grunge, Nirvana. Film ini adalah sebuah karya yang menceritakan bagaimana hari-hari terakhir Kurt Cobain. Kesendirian Kurt tanpa ditemani seorang pun dalam film sangat kental. Ia menghabiskan waktunya dalam kesepian hingga akhirnya ia bunuh diri menembak kepalanya dengan pistol. Para penggemar Kurt Cobain dan Nirvana, film ini bisa jadi sebagai medium untuk mengenal lebih dekat sosok Kurt Cobain.

5. Nowhere Boy (2009)

Liverpool, tempat kelahiran sang pelopor band The Beatles, John Lennon. Ia tumbuh besar di rumah Mimi yang merupakan tante John. Nowhere Boy bercerita tentang kehidupan seorang John Lennon yang nakal saat remaja, hubungan dengan ibu kandungnya, Julia, hingga pertemuannya dengan Paul McCartney dan George Harrison. Dalam film ini penonton akan tahu betapa ‘keras’ hidup John Lennon muda serta bagaimana awal terbentuknya The Beatles.

6. Ray (2004)

Ray adalah film yang berkisah mengenai kehidupan musisi jazz legendaris, Ray Charles Robinson. Ia adalah seorang tuna netra, tetapi itu tidak dijadikannya alasan untuk tetap bermain musik. Ray berasal dari keluarga miskin, ibunya seorang buruh cuci. Film ini bercerita bagaimana Ray meniti karirnya yang pada awalnya mendapatkan protes karena membawakan musik gospel hingga akhirnya sukses menjadi musisi jazz.

7. The Runaways (2010)

Siapa yang tahu lagu Cherry Bomb? Ya, The Runaways adalah band yang membuat dan menyanyikan lagu tersebut. The Runaways bercerita mengenai awal mula terbentuknya band rock perempuan ini. Joan Jett awalnya bertemu dengan Kim Foley hingga terakhir bertemu dengan Cherie Currie. Pergaulan bebas, minuman keras, narkoba, dan seks bebas mewarnai kisah mereka dalam film dengan nama band mereka, The Runaways.

8. Walk The Line (2005)

Film ini bercerita mengenai kehidupan sang maestro musik country, Johnny R. Cash. Album Cash yang paling popular adalah At Folsom Prison yang dirilis pada tahun 1968. Pada jamannya album ini mengalahkan penjualan album The Beatles. Film ini menceritakan perjalanan Cash yang hancur ketika sedang berada di puncak popularitasnya, ia tidak bisa membagi waktu antara musik dan keluarga, belum lagi perang dingin dengan ayahnya. Walk The Line juga berhasil menyabet 1 penghargaan dari Academy Award dan 3 dari Golden Globe Award.

Tulisan ini juga dimuat di website musik Gilanada.com 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s