Mandiri dengan Bekerja Lepas

Sumber foto: ruangfreelance.com


Data Buku

  • Judul: 99 Tips Jitu Jadi Freelancer Sukses untuk Mahasiswa
  • Penulis: Ery Yuni Wijianti & Dewi Anggiani
  • Penerbit: Grasindo
  • Cetakan: Pertama, 2015
  • Tebal: 172 Halaman

Menjadi mandiri adalah kewajiban semua insan manusia begitu juga dengan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang berusaha menghidupi dirinya sendiri dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menjadi pekerja lepas atau freelancer. Ada berbagai macam pekerjaan untuk bekerja lepas seperti penulis, desainer grafis, illustrator, jurnalis, fotografer dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana cara menjadi pekerja lepas untuk mahasiswa?

Ada 99 tips untuk menjadi pekerja lepas dalam buku 99 Tips Jitu Jadi Freelancer Sukses untuk Mahasiswa. Mulai dari keuntungan menjadi pekerja lepas sampai menyiapkan kontrak kerja. Buku ini memberikan tips bagi pemula yang belum tahu sama sekali mengenai pekerja lepas dari awal hingga hal-hal yang perlu disiapkan agar menjadi pekerja lepas yang punya kredibilitas dan integritas tinggi serta profesional dalam bekerja.

Pada kata pengantar penulis menerangkan sedikit mengenai pengertian pekerja lepas atau freelancer. Freelancer berarti tenaga lepas atau pekerja lepas. Orang yang bekerja secara freelance disebut freelancer. Mereka bekerja mandiri, tidak terikat pada perusahaan atau pada pemberi pekerjaan tertentu. Pengertian ini penting disampaikan kepada mahasiswa atau pemula yang baru ingin mulai bekerja sebagai pekerja lepas.

Dalam buku ini ada penjelasan singkat dan menarik tentang berbagai macam pekerja lepas misalnya penulis. Ada berbagai macam penulis yang biasa menjadi pekerja lepas seperti scriptwriter, copywriter, dan ghost writer. Setiap pekerjaan dijelaskan pula mengenai kemungkinan honor yang didapat serta alur bagaimana mendapatkan pekerjaan tersebut. Buku ini juga memberikan tips bagaimana cara menjalin kerjasama yang harmonis dengan klien serta menghadapi berbagai macam klien.

Pada dasarnya siapa pun bisa menjadi pekerja lepas tidak hanya mahasiswa. Namun, penulis buku ini berusaha menyasar pembaca mahasiswa. Karena itu buku ini diperkaya dengan gambar visual yang menarik. Penulis mencoba menarik perhatian pemuda–yang saat ini umumnya lebih menyukai karya visual dari pada tulisan yang hanya diisi kata-kata–dengan gaya ilustrasi unik zaman sekarang. Begitu juga dengan pilihan warna dan font yang digunakan pada buku ini yang sarat dengan gaya anak muda masa kini.

Warna biru dan hitam menjadi pilihan warna utama pada setiap gambar dan tulisan. Buku ini dicetak seluruhnya dengan warna-warni karena memang banyak gambar yang berwarna. Gambar tidak dijadikan hanya sebagai pelengkap tetapi menjadi substansi yang sama pentingnya dengan tulisan. Font yang digunakan pun bukan jenis font serif yang terkesan kaku dan kolot. Penulis menggunakan font sans serif (tanpa kait) yang lebih disukai pemuda.

Buku ini ditulis oleh dua orang yaitu Ery Yuni Wijianti dan Dewi Anggiani. Perpaduan kedua penulis buku ini mampu menghasilkan buku yang tepat untuk sasaran yaitu mahasiswa atau pemuda. Penulis berusaha menjelaskan materinya dengan ringan dan mudah dipahami serta dengan ilustrasi yang menjadi perpaduan yang pas. Selain buku ini, Dewi Anggiani juga mengarang buku 99 Tips Jobs Hunting dan 99 Tips Jobs Interview yang juga diterbitkan penerbit Grasindo.

Namun dalam buku ini, penulis tidak mempertimbangkan kesibukan mahasiswa yang tujuan utamanya adalah belajar. Bekerja memang mampu menghasilkan uang dan membuat kita mandiri tapi di sisi lain bekerja bisa mengalahkan prioritas utama mahasiswa yang seharusnya belajar di perguruan tinggi. Buku ini tidak mengajarkan siasat bagaimana mengerjakan pekerjaan saat tugas sedang melanda. Tugas kuliah memang jadi tantangan utama bagi para mahasiswa yang ingin menjadi pekerja lepas.

Dalam memanfaatkan waktu luang tidak sedikit mahasiswa yang bekerja sebagai pekerja lepas selain untuk mendapatkan uang, pekerja lepas juga menawarkan pengalaman kerja yang beragam. Dalam buku ini penulis mengajarkan bagaimana caranya untuk melatih kemandirian dalam mendapatkan uang. Namun, di sisi lain mahasiswa punya tanggung jawab menyelesaikan pendidikannya di bangku perkuliahan. Belajar dan bekerja adalah tantangan nyata kemandirian mahasiswa diuji.

Tulisan ini merupakan tugas praktik untuk Mata Kuliah Penulisan Artikel dan Tajuk Rencana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s