(Ulasan Album) The Vines – Wicked Nature

“Believe in rock & roll. Believe it can save you. Believe what’s true and fuck what anyone else thinks”

Kutipan kalimat di atas berasal dari website resmi The Vines dalam biografinya. Tidak heran membaca kalimat di atas saat mendengar The Vines lewat album terbarunya, Wicked Nature. Album yang berisi dua bagian dengan total 22 lagu baru. Tepat pada tanggal 1 September 2014 lalu Craig Nicholls bersama anggota baru Tim John & Lachy West resmi meluncurkan album keenam The Vines. The Vines kembali dengan posisi tiga orang seperti saat meramu album pertama mereka, Highly Evolved.

“Metal Zone” membuka album baru mereka dengan gebrakan ala Nirvana pada era keemasan jenis musik grunge. Beberapa lagu seperti Lady Bug, Psychomatic, Out The Loop, Everything Else diisi dengan alunan gitar yang lebih keras, membuat lagu-lagu tersebut terdengar sangar. Selain itu, dalam album ini mereka juga menawarkan nada-nada yang lebih ngepop ala The Vines misalnya Good Enough, Venus Fly Trap, Truth.

Craig Nicholls, sebagai ujung tombak grup musik asal Australia ini bekerja sama dengan produser Paul McKercher dalam menyusun album ini. Pada bagian pertama album ini diproduseri langsung oleh Paul dan pada bagian kedua Craig yang menjadi produsernya. Album ini bisa dibilang merupakan karya yang sepenuhnya milik Craig Nicholls. Ia bebas menentukan apa yang ia mau dalam album ini.

The Vines tetap menjadi dirinya sendiri dalam lagu-lagu barunya dengan musik grunge-nya. Kehadiran dua anggota baru belum memberikan sesuatu yang baru untuk The Vines. Craig Nicholls sengaja memang menciptakan musik seperti apa yang ia mau tanpa ekspektasi lebih. Album Wicked Nature terdengar jujur dan elegan dalam ranah musiknya. Lagu-lagu mereka bisa menjadi pilihan saat sedang bosan atau saat ingin teriak lepas. The Vines tetap menjadi The Vines yang kita kenal sebelumnya.

Tulisan ini juga dimuat di website musik Gilanada.com 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s