Jika Aku Menjadi

Saya memilih Desa Sukahaji sebagai tempat untuk mengikuti mata kuliah KKNM-PPMD Integratif dengan alasan nama Sukahaji terbilang unik. Awalnya, saya kira desa ini bercuaca sejuk dan dingin tetapi malah sebaliknya. Desa Sukahaji adalah desa yang berada dekat dengan daerah pantai utara, daerah yang lebih panas cuacanya jika dibandingkan dengan Jatinangor, Sumedang. Walau diterpa panasnya cahaya matahari, saya dan teman-teman harus tetap menyelesaikan petualangan ini di Desa Sukahaji selama satu bulan sejak awal Januari hingga awal Februari 2016.

Desa Sukahaji terletak di Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang. Desa ini berbatasan dengan Desa Gempol Kecamatan Banyusari Kabupaten Karawang, Desa Pinangsari Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang, dan Desa Tambakjati Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang. Perbatasan Desa Gempol dan Desa Sukahaji ditandai dengan adanya jembatan. Hampir di sepanjang Desa Sukahaji terdapat saluran irigasi yang mengalir ke Waduk Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta. Saluran ini mengalir dari Desa Gempol. Di sepanjang saluran irigasi dapat dilihat banyak jamban yang digunakan warga setempat untuk Mandi Cuci Kakus (MCK). Jamban tersebut terbuat dari bilik bambu.

Desa Sukahaji memiliki luas wilayah sekitar 1072 Ha yang terdiri dari 5 dusun yakni, Dusun Krajan, Dusun Bungurgede, Dusun Bungurjaya, Dusun Rawajolang, dan Dusun Karangjaya dengan total 13 Rukun Warga (RW) dan 41 Rukun Tetanggga (RT). Saat ini, Desa Sukahaji dipimpin oleh Akim Sanjaya dengan sekretaris desa Husen Indra Praja. Selain itu, setiap dusun memiliki satu kepala dusun, begitu juga dengan RW dan RT. Seluruh warga Desa Sukahaji beragama islam, tidak heran banyak terdapat masjid ataupun mushola di Desa Sukahaji.

Pekan pertama di Desa Sukahaji, saya dan teman-teman terlebih dahulu mencari data mengenai keadaan desa, potensi desa, dan permasalahan desa. Kami mencari data tertulis dari staf desa dan mewawancarai beberapa orang seperti kepala desa, sekretaris desa, semua kepala dusun, bidan desa, tokoh setempat, dan juga beberapa warga Desa Sukahaji. Kami mencari data dari berbagai aspek mulai dari aspek wilayah, politik, ekonomi, kebudayaan, keagamaan, dan kesehatan. Data yang kami dapatkan nantinya akan menjadi landasan untuk membuat rencana kegiatan selama KKNM.

Dari data yang kami dapatkan, warga Desa Sukahaji sudah tidak lagi mengonsumsi media cetak ataupun radio. Kini, semua warga sudah berallih ke media televisi. Warga desa memiliki satu televisi di setiap rumah. Tayangan televisi sangat mempengaruhi perilaku warga Desa Sukahaji, misalnya warga setempat menjadi lebih konsumtif dengan selalu mengikuti tren busana, kendaraan, telepon genggam, dan lain-lain. Setiap ada barang baru yang ditayangkan di televisi, warga desa dengan mudah akan tertarik membeli barang tersebut. Menurut Sekretaris Desa Sukahaji Husen mengatakan bahwa warga desa sudah terpengaruh budaya ibu kota.

Jika ditinjau dari permasalahan pengaruh buruk tayangan televisi terhadap perilaku konsumtif warga desa, saya ada ide untuk mengatasinya. Jika saya menjadi warga desa yang memilki gelar sarjana S.Ikom khususnya program studi jurnalistik, saya akan mengadakan acara mengenai literasi media. Literasi media adalah kemampuan untuk menggunakan media sesuai dengan kebutuhan dilihat dari isi pesan media. Pesan media massa terutama dari tayangan televisi menjadi masalah ketika berpengaruh negatif bagi masyarakat. Literasi media mampu membuat warga desa senantiasa lebih kritis dan cerdas menikmati tayangan televisi. Karena itu, penting bagi warga Desa Sukahaji mengetahui bagaimana cara memanfaatkan media massa sesuai dengan kebutuhan.

Acara literasi media dapat dilaksanakan dengan cara mengajak kerja sama pihak lembaga negara, lembaga pendidikan, atau lembaga swasta yang bergerak dalam bidang literasi media. Contohnya Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dari lembaga negara yang khusus mengatur dan mengawasi siaran televisi ataupun radio. Untuk lembaga pendidikan, misalnya program studi jurnalistik dari Universitas Padjadjaran. Para akademisi bisa langsung mengamalkan ilmunya kepada warga desa.

Cara sebagai warga desa dan masih berusia muda, saya akan mengajak anak muda setempat dan dari karang taruna untuk merencanakan membuat acara literasi media di desa. Setelah itu, saya juga akan melibatkan staf desa, tokoh setempat, dan warga desa untuk membantu menyelenggarakan acara literasi media ini. Jika sudah terkumpul massa yang akan mendukung acara ini maka tinggal direncanakan dengan baik mulai dari tujuan, sasaran, acara, dan lain-lain bersama kepanitian yang telah dibentuk.

Menurut pengamatan saya karena tingkat pendidikan yang masih tergolong rendah yaitu rata-rata masih lulusan SMP, acara literasi media harus diadakan terlebih dahulu ke keluarga. Acara literasi media diadakan per dusun di tempat yang memadai di setiap dusun. Komunikasi yang dilakukan secara langsung dengan menggunakan bahasa sunda/jawa agar pesan yang disampaikan lebih mudah diterima warga Desa Sukahaji –sehari-hari menggunakan bahasa sunda/jawa. Selain itu, acara media literasi harus diadakan bertahap agar tidak langsung sekaligus.

Literasi media juga harus dipahami dan diterapkan oleh pemangku kepentingan desa seperti kepala desa, staf desa, kepala dusun, dan lain-lain. Karena mereka adalah para opinion leader yang mampu mempengaruhi warga desa. Sosialisai literasi media harus mampu dipahami oleh semua kalangan mulai anak-anak hingga para lanjut usia. Selain sosialisasi, panitia acara literasi juga bisa membagi-bagikan stiker gratis yang berisi mengenai literasi media saat acara berlangsung. Stiker itu berfungsi sebagai pengingat warga untuk memanfaatkan media dengan baik. Begitu kira-kira ide saya, jika saya menjadi warga Desa Sukahaji yang merupakan lulusan dari program studi jurnalistik.

Tulisan ini merupakan tugas akhir dari mata kuliah KKNM (Kuliah Kerja Nyata Mandiri).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s